Profil UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2013

Sekilas perkembangan UIN Sunan Kalijaga dari STI sampai UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Profil UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2013

32-Profil-UIN-Sunan-Kalijaga-Yogyakarta-2013-Image

PROFIL

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

TAHUN 2013

Berbicara tentang Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta tentunya tidak dapat dilepaskan sejarahnya dengan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Karena antara UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta merupakan rentetan berdirinya PTAIN di Indonesia.

Secara berdirinya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta adalah PTAIN pertama di Indonesia, namun secara historis asal mula adanya UIN adalah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Karena UIN Sunan Kalijaga berasal dari STI (Sekolah Tinggi Islam) dan STI tersebut pertama kali berdiri di Jakarta, karena pada saat itu Ibukota Negara Republik Indonesia dipindah ke Yogyakarta maka STI dipindah ke Yogyakarta dan kemudian berubah menjadi PTAIN (Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri) Yogyakarta.

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta berasal dari   PTAIN (Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri), PTAIN ini sama halnya dengan IAIN yang ada di Indonesia, bedanya adalah PTAIN ini hanya memiliki beberapa fakultas saja dan sebagai induk dari ADIA (Akademik Dinas Ilmu Agama). PTAIN akhirnya menjadi IAIN yang diresmikan pada 24 Agustus 1960 di Yogyakarta oleh Mentei Agama Republik Indonesia K.H.M. Wahib Wahab, adapun IAIN Al-Jami’ah Al-Islamiyah Al-Hukumiyah Yogyakarta pada saat itu adalah Prof. Mr. Sunarjo.

Berselang 3 tahun kemudian, terbitlah Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 1963 yang memungkinkan untuk memishkan antara ADIA Jakarta dengan IAIN Yogyakarta. ADIA Jakarta menjadi IAIN Jakarta berdiri sendiri dan IAIN Yogyakarta. 2 tahun kemudian, terbitlah Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia No. 26 Tahun 1965 dan IAIN Yogyakarta diberi nama IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Catatab penting dalam sejarah IAIN yang menjadi titik balik perkembangan IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta adalah beralihnya status IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, dengan dikeluarkannya Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomo 50 Tahun 2004 Tanggal 21 Juni 2004. Perubahan atau transformasi tersebut memacu UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta berbenah dalam segala aspek untuk menjadi Universitas Islam Negeri ungggulan di Indonesia. 

___________________________________________

Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN Se-Indonesiaanimated-new

* Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru IAIN Se-Indonesia animated-new

* Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru STAIN Se-Indonesia animated-new

Beli-Paket-Soal-SPMB-PTAIN-2013-Buku-2        Beli-Paket-Soal-SPMB-PTAIN-2013-PDF-2

INFORMASI  SOAL  DAN JAWABAN

Ujian Masuk UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta  Tahun 2013, yaitu:

Jalur SPMB-PTAIN

Beli Paket Soal dan Jawaban SPMB-PTAIN Lengkap (Buku)

Beli Paket Soal dan Jawaban SPMB-PTAIN Lengkap (PDF)

Jalur Reguler atau Mandiri (SPMB UIN, IAIN, dan STAIN)

Beli Paket Soal dan Jawaban SPMB UIN, IAIN dan STAIN (Buku)

Beli Paket Soal dan Jawaban SPMB UIN, IAIN dan STAIN (PDF)

SBMPTN

Beli Paket Buku Soal SBMPTN IPA (Buku)

Beli Paket Buku Soal SBMPTN IPS (Buku)

Beli Paket Buku Soal SBMPTN IPC (Buku)

Beli Paket Soal SBMPTN IPA (PDF)

Beli Paket Soal SBMPTN IPS (PDF)

Beli Paket Soal SBMPTN IPC (PDF)

Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.